Kajian Q.S Al Mukmin ayat 67

25 Mar 2012
Surat Al-Mu’min ayat 67 beserta Terjemahannya

هُـوَ الَّـذِيْ خَـلَـقَ لَـكُمْ مِـنْ تُـرَابٍ ثُـمَّ مِـنْ نُـطْـفَـةٍ ثُـمَّ مِـنْ عَـلَـقَـةٍ ثُـمَّ يُـخْـرِجُـكُـمْ طِـفْـلاً ثُـمَّ لِـتَبـْلُـغُـوْا اَشًــدَّ كُـمْ ثُـمَّ لِـتَـكُـوْ نُـوْا شُـيُـوْخـًا ج وَ مِـنْـكُـمْ مَـنْ يُّـتَـوَفَّى مِـنْ قَـبْـلُ وَ لِـتَـبْـلُـغُــوْا اَجَـلاً مُـسَــمًّى وَّ لَـعَـلَّـكُـمْ تَـعْـقِـلــُوْنَ

“Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari setes air mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami (nya)”

Inti Sari
Dari pembahasan tentang Al-Qur’an Surat Al-Mu’min Ayat 76 di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut.
1.    Allah swt menciptakan manusia dari tanah. Makna ayat tersebut menurut para mufasir adalah bahwa Allah swt menjadikan manusia dari sari pati yang berasal dari tanah. Seorang bapak dan seorang ibu mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh – tumbuhan dan binatang. Tumbuh – tumbuhan hidup dengan mengambil unsur – unsur yang terdapt dalam tanah. Binatang ternak lalu memakan tumbuh – tumbuhan tersebut. Sari pati makanan yang dimakan bapak menjadi sel sperma, sedangkan sari pati makanan yang dimakan ibu menjadi sel telur. Sel sperma dan sel telur tersebut bertemu dalam rahim sehingga terjadi pembuahan. Peristiwa itu merupakan awal dari proses terciptanya manusia.
2.    Allah swt menjelaskan bahwa manusia yang diciptakan-Nya akan mengalami tiga tahap kehidupan, yaitu
a.    Masa kanak – kanak (tiflān);
b.    Masa dewasa (asyuddakum);
c.    Masa tua (syuyūkhan)
3.    Di antara manusia ada yang meninggal pada masa kanak – kanak, ada yang meninggal pada masa dewasa, dan ada pula yang meninggal setelah berusia lanjut. Ketentuan mengenai kapan seseorang meninggal berada di tangan Allah swt semata.
4.    Proses kejadian manusia ini merupakan bahan renungan dan pemikiran bagi manusia sehingga mereka mau beriman kepada Allah swt, pencipta seluruh makhluk ini.

Hikmah yang Dapat Diambil
1.    Dalam surat Al Mukmin ayat 67 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti dari proses awal kejadian manusia. Jika direnungkan, betapa rendahnya manusia yang kejadiannya diawali dari setetes air mani yang tidak berharga dan pada saatnya diakhiri dengan kematian yang jasadnya akan menjadi bangkai tidak berharga sama sekali.  Melihat dari proses awal kehidupan dan akhir dari sebuah kematian tersebut, hikmah yang dapat diambil adalah sudah seharusnya kita mempunyai sifat rendah hati dan tidak sombong atau angkuh.
2.    Di sisi lain, surat Al Mukmin ayat 67, secara implisit,  menggambarkan proses kejadian manusia yang sangat mulia dan sebaik-baiknya makhluk ciptaan Allah SWT.  Oleh karena itu, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, kita diajarkan untuk selalu mengucapkan  اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ  "“ setiap kali kita menerima nikmat .



    DAFTAR PUSTAKA   

Buku dan Modul pelajaran PAI SMA kelas I
http://tonyzsma8smg.wordpress.com/2011/02/03/manusia-sebagai-khalifah-di-muka-bumi/
Al-Qur’an dan Terjemahannya

0 comment:

Poskan Komentar

FOLLOW US ^^