[Special Features] Entertainment Indonesia Vs Entertainment Korea

26 Des 2014
Annyeong ^^
karena ini weekend, kali ini gw bakal nulis tentang Entertainment Indonesia Vs Entertainment Korea. Hal ini sebenernya udah ada dipikiran sejak lama, tapi baru kali ini kesampean nulisnya..
karena beda negara, beda culture tulisan gue ini jangan dimasukan ke hati ya guys, buat info aja. Kalo emang menurut kalian bener yaudah emang gitu kenyataannya (?)

Oke dunia entertainment memang dunia yang sangat menjanjikan. Paradigma masyarakat tentang profesi menjadi seorang artis/idol baru-baru ini sudah bergeser. Kalo jaman gue dulu pas kecil ditanya "Mbak pengen jadi apa kalo besar nanti?" gw dan anak-anak kecil seumuran gw lainnya pasti bilang profesi yang gede-gede kek pilot, dokter, polisi,masinis, atau guru . Tapi sekarang banyak banget anak kecil yang ditanya pertanyaan yang sama ada yang menjawab ingin jadi artis/penyanyi.
Dan ini semakin dibuktikan dengan menjamurnya ajang pencarian bakat di Indonesia.

Oke langsung aja perbandingannya
(A) Acara Musik
a. Indonesia
  • Acara musik di Indonesia terbilang cukup rajin yaitu tayang setiap hari wks sampai PNS aja kalah. Acara musik di Indonesia yang masih ada sampai sekarang yaitu da***at dan i***x. Dua acara musik ini mempunyai jam tayang yang sama dan konsep ANEH yang sama juga. Acara musik ini termasuk acara musik teraneh yang ada karena didalamnya hanya memberitakan gosip para presenternya saja -___- , demo memasak , games aneh dan yang paling khas dari salah satu acara ini adalah digunakannya penonton bayaran yang overconfident di depan kamera *duh. Dalam acara musik ini juga ada tangga lagu yang populer yang mana juga menampilkan deretan tangga lagu,tapi sumbernya nggak jelas apakah berdasar voting , penjualan album atau yang lainnya. Jadi pernah juga satu lagu secara 2 bulan menduduki peringkat 1 di acara tersebut. Bagi artis yang dapet peringkat no1 di acara musik tak membuktikan bahwa mereka sangat populer/lagu mereka (fisik/online) sangat laku dipasaran karena tidak jelas akumulasi poinnya.
  • Artis yang tampil dalam acara musik di Indonesia tidak harus artis yang sedang mempromosikan lagu mereka. Bahkan artis yang tiba-tiba populer karena scandal pun bisa dengan leluasa bernyanyi di acara tersebut tanpa takut terjadi intimidasi.

b. Korea Selatan
  • Acara musik di Korea hanya tayang Kamis - Minggu . Dan jam tayang acara musik ini adalah sore hari (antara jam 2 siang-7 malam). Dan antara acara musik satu dengan lainnya tidak pernah berbenturan jadwalnya. Misalnya Mcountdown tiap Kamis, Mubank tiap Jumat, Mucore tiap Sabtu, dan SBS Inkigayo tiap Minggu. dan disetiap program musik tersebut memang hanya menampilkan para idol/penyanyi yang bernyanyi dan interview saja tanpa ada demo memasak, games atau yang lainnya. Penonton yang ingin datang ke acara-acara seperti ini pun harus memiliki beberapa persyaratan , contohnya saja : kalian harus bergabung dengan fanclub artis tsb, berusia diatas 15 tahun dan mendaftar di akun KBS(Music Bank), berusia diatas 13 tahun dan mendaftar di akun SBS (Inkigayo) dan kalian harus menunggu undian tentu saja ^^ dll. Peringkat satu dalam acara tersebut dihitung dari antara lain : Penjualan album fisik, penjualan online, sms voting , trending SNS dll dan hasil dari itu diperlihatkan secara jelas. Untuk setiap idol/penyanyi yang peringkat satu di acara musik di Korea akan merasa sangat bangga bahkan menangis karena persaingan musik disana sangat ketat
  • Artis yang datang di acara musik di Korea Selatan adalah artis-artis khusus yang memang sedang masa promosi lagu/album baru mereka. Artis yang tidak sedang dalam masa promosi tidak bisa tampil dalam acara musik ini. Dan biasanya mereka akan tampil 1 bulan full (4x) di acara tersebut dengan menggunakan lagu yang sama yang bertujuan mempromosikan lagu mereka.

(B) Scandal
a. Indonesia
Hal yang miris yang ada di Indonesia adalah semakin seorang Artis/idol punya skandal yang besar semakin sering penonton akan melihat wajahnya di layar TV.  Sebut saja kasus seorang pencipta lagu dan juga pengacara yang TERANG-TERANGAN melakukan perselingkuhan , di media selama satu minggu beritanya selalu ada di setiap acara gosip dan menghadiri acara reality show yang ada. Dan juga Skandal seorang musisi yang video mesumnya dengan 2 artis cantik tersebar dan menjadi drama . Setelah dipenjara dalam waktu yang singkat saat keluar dia malah menjadi artis lagi dan sekarang  dipuja-puja bak seorang raja -____- belum lagi seorang artis yang ayahnya menjadi tersangka kasus korupsi bisa melenggang bebas di layar TV dan seakan-akan tidak malu akan apa yang telah keluarganya lakukan dan tidak merugikan negara. Bahkan di Indonesia ada juga artis yang udah jadi tersangka tapi malah laris manis ditawari di berbagai macam televisi untuk diwawancarai dan solah-olah kata-katanya bisa membuatnya tidak bersalah lagi.

b. Korea
Hal yang sangat berbeda terjadi di Korea, jika seorang artis mempunyai skandal seperti mabuk di muka umum, naik mobil ugal-ugalan jangan harap karirnya akan sukses. Bahkan jika keluarga artis melakukan kejahatan yang besar , si artis juga ikut disalahkan (kasian banget) padahal si artis tidak melakukan kejahatan seperti keluarganya, tetapi dia juga ikut dibully oleh masyarakat. Apalagi jika ada kejadian dia ikut berjudi, atau tertangkap narkoba, jangan harap kembali ke dunia entertainment lagi.


(C) Manajemen Artis (Agensi)
a. Indonesia
Untuk manajemen artis di Indonesia , ada beberapa manajemen artis diantaranya starmedia (idol,idolacilik, masterchef, pokoknya yang sering nampang di mnc media itu artisnya starmedia) , Republik cinta management (udah taulah punya siapa? bapaknya al,el,dul) , 9manajemen (artis ftv) dll. Persaingan di Indonesia juga lumayan ketat. Siapa yang punya sinetron/ftv dengan rating tinggi pastilah si artis terkenal apalagi jika ada skandal skandal lain yang menaikkan pamornya. Bagi yang ingin masuk agensi ini, kebanyakan untuk penyanyi adalah penyanyi jebolan pencarian bakat dan artis biasanya mereka hanya menjadi figuran saja.
b. Korea
Agensi Korea juga banyak , tak kalah dengan agensi di Indonesia, tapi 3 agensi paling besar dengan penghasilan dan artisnya yang sukses adalah YG,SM, dan JYP. Tapi jangan salah agensi lain seperti Cube, CJM, dan Keyeast (artis) juga patut diperhitungkan karena artis/idol mereka juga merajai tangga musik dan muncul di berbagai drama dan reality show. Untuk artisnya berbeda dengan Indonesia yang terkenal karena ajang pencarian bakat, di Korea juga ada tapi belum begitu banyak, kebanyakan mereka mengikuti trainee dari agensi mereka yang bertahun-tahun.


(D) Sinetron/Drama

a. Indonesia
Di indonesia lebih mengenal dengan sebutan "Sinetron" .Sejak tahun 2008 sinetron di Indonesia sudah berubah menjadi setiap hari tanpa libur, dulunya sih sinetron seminggu 2x tapi sejak saat itu sampai sekarang sinetron jadi setiap hari. Judul-judulnya pun mulai nyeleneh dan gak masuk akal. Biasanya jika ratingnya tinggi, setiap sinetron memiliki lebih dari 1000 episode dengan waktu 2jam tiap episodenya !!!! (sekitar 1 tahun setengah gak berhenti-henti) akibatnya kita bakal melihat si artis itu terus di TV dan bikin bosan. Dan sayangnya sinetron di Indonesia tidak tahu aturan jam, jadi kita sudah disuguhi sinetron dari jam 6 sore sampai jam 11 malam -__- sehingga sangat tidak baik jika anak-anak mendengar/melihat konflik orang dewasa yang tak seharusnya dilihat (perselingkuhan, perkelahian dll)
b. Korea
Di korea lebih disebut dengan drama. Ada beberapa macam drama , drama yang tayang di weekend saja (sabtu-minggu) , drama senin selasa, drama main slot (rabu-kamis) , dan drama harian senin-jumat sore ( lebih ke drama keluarga). Untuk drama keluarga dibuat agar semua keluarga bisa menimati dan jam tayangnya sore hari dengan durasi 45 menit/episode, sedangkan drama lain yang tayang 2x sehari tayang setiap jam 21.55, ya hampir jam sepuluh malam! Kenapa? karena mereka memang membidik penonton dari kalangan remaja-dewasa yang tentunya mereka masih belum tidur, sedangkan anak-anak tentunya sudah tidur.


mungkin ada yang mau nambahin? >.<

This is original article written by HyunAnn( If you copy my article without proper credits I'll set a new setting so everyone can't copy articles from this blog - tks ^^)

Ini adalah artikel asli yang ditulis oleh HyunAnn( Jika kamu mengcopy artikelku tanpa mencantumkan credits yang jelas aku akan memasang sebuah pengaturan baru sehingga siapa pun tidak dapat mengcopy artikel artikel di blog ini - terimakasih^^)

TAKE OUT WITH FULL CREDITS PLEASE ^^


6 comment:

fennifey at: Januari 15, 2015 11:05 PM mengatakan...

hai, aku suka banget sm postingan kamu yg ini, aneh juga ya ngeliat kondisi perfileman di indonesia, apalagi aku punya adik masih sd dan miris banget udah nonton sinetron yang harus nya di liat buat anak remaja-dewasa, yang segala film bertema kan anak SMA yg sering ada pembullyan atau anak SMA yang sudah hamil , aku kurang suka sinetron yang terlalu lebay dan ga masuk akal, apalagi film yang ribuan episod, setuju deh intinya sm kata2 kamu, semangat nulisnya thor!!!

ayu at: Februari 09, 2015 3:23 PM mengatakan...

aku jg setuju banget dengan postingan ini. gerah bgt rasanya liat acara2 tv skrg ini, malah aku sempet pengen ngebanting tv saking sebelnya. -___-
yang harus dgaris bawahi adalah korban yg menonton acara2 gak bermutu itu setiap hari, dan mereka rata2 anak-anak dari BALITA sampai REMAJA. dulu.. BUKU ADALAH JENDELA DUNIA tapi sekarang TELEVISI ADALAH JENDELA DUNIA. anak2 skrg lbh banyak menghabiskan waktu untuk nonton tv drpd baca buku, mereka belajar dari televisi. belajar apa ?? belajar perkelahian, perselingkuhan, keserakahan, penghinaan, membicarakan keburukan orang lain, bullying dan masih banyak lagi. dan lebih menyedihkan lagi qt gak bisa menyalahkan orangtua atas fenomena ini, kenapaa?
karena orangtua sibuk di luar banting tulang mencari nafkah, untuk memenuhi kebutuhan sehari2 yg semakin meroket. alhasil agar tidak rewel anak ditenangkan dengan menonton tv di rumah. itulah kenyataan yg ada saat ini. menyedihkan ya??
terimakasih untuk tulisan yg menginspirasinya. ditunggu postingan selanjutnya, semangat ^_^

Laras De Arnetta at: Februari 09, 2015 6:29 PM mengatakan...

Tulisan yang sangat menginspiratif :) keren!!!

Cuyet Hyun at: Oktober 02, 2015 12:19 AM mengatakan...

hallo...... chingu.... postingan km bner2 keren, ak juga punya pemikiran yg sama... malahan ak juga brencana bahas ini juga.. pas udh liat postingan km,,, wow daebak.... keren....... kalo km izinin aku mau repost, tp ak nunggu dulu blsn km yah. trmksh

kim hyun ann at: Oktober 03, 2015 7:02 PM mengatakan...

@ALL : THANKYOU GUYS :*

@Cuyet Hyun : Silahkan, jangan lupa ditulis source nya ya, thankyou ^^

Ratna Park at: Februari 09, 2016 2:56 PM mengatakan...

Bener dan setuju banget. Kadang suka kesel sendiri, katanya sih acara musik tapi nggak pernah ada musisi yang tampil malah adanya cuma bahas all about host -__- apalagi yang di r**i :3 ijin share yaa thank you

Poskan Komentar

FOLLOW US ^^