[Special Features] Fakta Netizen Korea

5 Okt 2014
Annyeonghaseyo^^
kali ini gue mau bahas tentang netizen Korea~

Tulisan ini didasari karena pengalaman pribadi : awalnya gue cuma kenal allkpop dan soompi sebagai bahan rujukan berita Korea gue. Tapi pada suatu ketika gue kenal sama yang namanya NETIZENBUZZ dari salah satu orang yang retweet di twitter. Finally, sampe sekarang gue selalu ngebuka komentar-komentar netizen di berbagai site seperti netiz9n(snsd),blackjacktable (2ne1), kpopkfans, knetizone , random korea life etc. itu dan udah jadi suatu keharusan kalo gak buka kurang afdol gimana gitu -___-

oke sebelumnya kita harus mengenal apa itu netizen


In general..."netizen" adalah  istilah yang dibentuk dari kata Net (interNET) dan citIZEN (warga). Jika disatukan artinya kurang lebih 'warga internet' atau 'masyarakat dunia internet'. So, netizen adalah pengguna internet yang berpartisipasi secra aktif aktif (komunikasi, mengeluarkan pendapat, berkolaborasi, dll) di media internet.

So, siapa aja yang bisa disebut netizen?
Kita semua pengguna dunia maya secara aktif bisa dikatakan netizen. Mulai dari yang pengguna sns (istilah sosial media: twitter, facebook, instagram) ataupun semua orang pengguna blog dan portal berita online yang suka ngeposting komentar di blog/portal berita adalah para netizen. Netizen sendiri tidak bisa dibatasi dengan umur, semua orang bisa disebut netizen jika mereka aktif di dunia maya dan menggunakannya. 

Hal-hal yang sering dilakukan netizen
Biasanya mereka saling berkomunikasi dengan tweeting, wall-to-wall,berkomentar lewat portal berita atau mengirim pesan lewat email atau media sosial lain. Mereka juga melakukan hobi mereka lewat dunia maya semisal bergabung dengan group, berdiskusi sampai berdebat juga mereka lakukan. Sebenarnya netizens adalah sama seperti kita pengguna internet biasa. Tapi ingin menjadi netizen seperti apa kita tergantung pada diri kita sendiri. Apakah ingin membagikan pengalaman baik, atau malah menebar isu/rumor tidak jelas. Oleh karena itu sering ada netizen atis/haters yang kerjaannya menyebar keburukan orang.


Mulai ke topik .....Netizen Korea

Netizen Korea adalah orang-orang Korea yang secara aktif menggunakan internet. Mereka lebih aktif dari netizen netizen yang ada di dunia. Kenapa demikian? Gue bakal bahas di bagian bawah ^^.
Netizen Korea memegang hal yang sangat penting diKorea. Mulai dari mengawasi jalannya pemerintahan sampai artisnya. Bahkan mereka terkenal sangat tajam dengan analisisnya. 

Hal-hal yang harus kalian ketahui tentang K-Netz (Korean Netizen) 

1. Naver (naver.com)

Well, di Korea sendiri mempunyai situs pencarian terbesar yaitu Naver. Kalo di Indonesia diibaratkan Yahoo lah (meskipun yahoo bukan punya Indonesia). Di Naver itu isinya adalah berbagai berita yang ada di berbagai portal berita seperti Nate, Sport Seoul, TVreport dll yang mereka publish lagi. Di Naver inilah semua orang Korea menggunakannya untuk mengirim surat (e-mail) dan sebagai bahan rujukan berita dan semua hal yang mereka ingin ketahui (mempunyai fungsi search engine seperti google juga) jadi tidak heran 99% orang Korea pasti membuka Naver sebagai bahan rujukan informasinya. 

Di naver inilah semua orang Korea berkumpul untuk membaca berita. Sama seperti Yahoo, Naver juga mempunyai fitur memposting komentar dibagian bawahnya. Dan disinilah perbedannya , di Naver sebuah berita mendapatkan komentar lebih banyak dari dimana berita itu dimuat. Contohnya ketika Dispatch memposting berita Yoona-Lee Seung Gi berpacaran komentar di halaman mereka 1000+ sedangkan ketika Naver mempostingnya terdapat 7000+ komentar

Seseorang dikatakan disukai/dibenci oleh netizen itu terlihat dari komentarnya. Naver juga mempunyai fasilitas like/dislike komentar. Jika sebuah komentar mendapatkan like banyak/setuju maka itulah perwakilan netizen secara garis besar 
 

terlihat digambar votes setuju dengan komentar sebanyak 24831 sedangkan yang tidak setuju ada 166. Netizen Korea menyebut komentar ini adalah perwakilan mereka. Mereka mengabaikan 166 yang tidak setuju dengan isi dari komentar.

Selain di Naver , ada juga Pann. Kalo di Indonesia bisa disebut Kompasiana. Jadi semua orang yang sudah mempunyai akun pann bisa memposting artikel mereka disini. Di pann juga ada fasilitas komentar dan up/down votes seperti yang ada di Naver dan posting gambar. Biasanya hal-hal yang di posting di pann adalah artikel tentang sisi lain berita, seperti artikel seorang saksi mata kejadian, atau pengalaman mereka tentang sesuatu, bahkan cerita mereka tentang seorang artis yang bisa jadi membongkar kebohongan si artis. Jika artikel di pann populer tak heran jika beberapa hari kemudian para jurnalis juga memuatnya dan menjadi headline di portal berita lainnya.

3. Komentar K-Netizen
Komentar Netizen inilah yang jadi patokan banyak orang Korea. Jika si artis mendapatkan komentar positif dan mendapat banyak dukungan (like /upvotes) maka citra artis itu tetap baik, makin banyak tawaran pekerjaan, dan di sanjung sanjung di setiap komentar yang ada. Tapi jika artis itu melakuakan satu kesalahan yang besar (skandal pajak, bully, selingkuh, drugs) pastilah di setiap artikelnya akan banyak yang memposting komentar buruk dengan ribuan (upvotes/like). Sekali si artis tidak disukai netizen, mulailah tidak tentram hidupnya. 

Biasanya ketika berita besar muncul di Naver beberapa jam kemudian akan banyak artikel yang rilis di pann, dan disitulah banyak rumor beredar. Jika berita itu bagus maka artikel yang muncul kebanyakan juga bagus, tapi jika berita itu buruk tak usah heran jika artikel yang ada justru memperburuk citra si artis.

4. Pengaruh K-Netizen
Masih ingat saat kecelakaan Nickhun beberapa tahun yang lalu karena DUI? Saat itu di semua CF yang ada 2PM menghilangkan gambar Nickhun. Baru-baru ini juga scandal BOM juga memaksanya untuk keluar dari Roommate di tengah-tengah episode, tak lain dan tak bukan adalah pengaruh netizen itu sendiri. Jangan harap komentar yang diberikan itu sopan, sering komentar mereka merendahkan, sarcasm, bahkan mencaci maki dengan kata-kata kasar.
Saat seorang artis terkena kasus, netizen pasti sudah membully mereka dengan memposting komentar kasar di setiap artikel yang ada nama mereka. Sekali si artis meminta maaf, bahkan butuh waktu yang lumayan lama sampai netizen tidak mempost komentar kasar di artikel yang ada nama mereka.

5. Intl-Netizen vs K-Netz


Apa sih bedanya k-netz dengan International netizen? Jelas beda lah :P
Biasanya k-netizen hanya melihat dan mengometari di berbagai macam portal berita korea. Sedangkan Intl netizen kebanyakan berkomentar di situs portal berita Korea yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris seperti allkpop, soompi etc. Tapi yang perlu diperhatikan disini adalah komentar mereka  (Intl) kadang lebih mensupport idola mereka. Sebagai contoh kasus T-Ara mereka selalu mendapatkan komentar negatif si setiap portal di Korea apapun beritanya karena rumor mereka yang suka membulli, tapi jika kita membuka portal berita berbahasa Inggris kita akan mendapatkan banyak sekali International fans yang mendukukung mereka. Ini bukan apa-apa tapi ini adalah masalah budaya. Seperti yang kita ketahui di Abnormal Summit episode 12 kemarin , orang Eropa jarang sekali mencela orang/bash/bully lewat komentar-komentarnya di dunia maya. Karena lagi-lagi ini soal budaya kita tidak dapat menghakimi budaya dan culture mereka, karena sekali lagi itu berbeda.

6. Netizen= paparazi pasif online?

Daniel , salah satu anggota G11 di Abnormal Summit mengatakan bahwa ketika dia bergabung di #G11 , satu minggu sebelumnya jati dirinya telah terbongkar secara rinci di portal pencarian. Dia bahkan kaget ketika tulisan tentang dirinya itu snagat rinci tentang diamana dia sekolah , dimana dia tinggal dan foto-foto pribadi miliknya juga terungkap. Dia sangat terkejut dengan netizen Korea yang sangat cepat dalam mencari informasi.


Sikap kita :
1.  Ingat idol kita juga manusia, pasti ada waktu dimana mereka akan membuat kesalahan. Jadi ketika idol kita membuat kesalahan, kita sebagai fans harus menyikapinya dengan kepala dingin. Kan gak mungkin tuh kita masuk ke naver/pann (except yang bisa bahasa korea) dan ngomong babibu disana,itu juga gatau tulisan kita terbaca atau tidak. Jadi terima saja jika mereka memaki idol kita dan BERDOA , mungkin lucu, tapi bisa saja dihari berikutnya ada beberapa netizen yang punya evidence kuat yang bisa membela idol kita, dan knetz merasa menyesal telah membulli idol kita disana.... who knows?

2. Jangan mudah percaya berita yang ditulis di pann. Gue sendiri pernah mengalami hal ini. Jika kalian pikir tulisan itu salah jangan mempercayainya karena pann itu hanya tulisan orang biasa dan bukan jurnalis.

3. Bersikaplah dewasa. Percaya atau tidak k-netizen itu seperti anak-anak. Kadang mereka gembira kadang ngambek. Ketika gembira mereka akan memposting hal-hal yang positif, tetapi ketika mereka sedang tidak dalam mood yang baik, mereka akan mencaci maki semua orang -__-


4. Jangan mudah terpancing. Gara-gara netizen membenci si A kalian juga ikut membenci. OMG ini kadang terjadi. Tulisan netizen memang membawa kita ikut terbawa dengan kemarahan yang mereka rasakan. Tapi kalian juga harus berfikir apakah kita harus membenci si A atau B karena hal yang netizen pikirkan.


5. Jangan mudah menjudge idol itu jelek/buruk hanya dengan melihat komentar netizen. Oke kalau kalian bisa baca hangeul dan membaca semua berita dan komentar disana tapi jika sumber kalian hanya di netizenbuzz/kpopkfans saja itu kurang. Karena netizenbuzz itu biased dan kpopkfans jelas SM biased, semua komentar netizen yang dia translate akan lebih menguntungkan SM.  
(gue pernah ngalamin ini pas kasus Apink, semua komentar Apink di kpopkfans itu buruk semua padahal banyak komentar baik yg diterjemahin sama yg lain, tapi mereka lebih memilih memposting komentar negatif/sigh/. Lihat saja profil picture mereka, mereka menggunakan yoona (yg jelas SM biased))
Contoh:
Kasus Nam Taehyun yang meminta maaf karena menggunakan kalimat tidak sopan
>> di netizenbuzz hanya mentranslate komentar negatif saja  (secara mereka suka memancing suasana)
>> di ygpress (yg memang YG biased) memposting komentar dari artikel lain yang memberi semangat /komentar positif



Source :
wikipedia, naver, pann, pic tagged


  This is original article written by HyunAnn( If you copy my article without proper credits I'll set a new setting so everyone can't copy articles from this blog - tks ^^)

Ini adalah artikel asli yang ditulis oleh HyunAnn( Jika kamu mengcopy artikelku tanpa mencantumkan credits yang jelas aku akan memasang sebuah pengaturan baru sehingga siapa pun tidak dapat mengcopy artikel artikel di blog ini - terimakasih^^)

TAKE OUT WITH FULL CREDITS PLEASE ^^



4 comment:

Ziel Daw at: November 15, 2014 5:09 AM mengatakan...

Wow.....Nice info
tapi emang nitizen korea kalo berkomentar agak "frontal" :D

Leni Listiani at: Mei 15, 2015 1:04 AM mengatakan...

NAMA-NAMA PENYAKIT YANG SEDANG MELANDA RAKYAT INDONESIA::

Hernia
Gagal Ginjal
Radang Tenggorokan
BENJOLAN DI LEHER
Batu Ginjal
Gondok
Amandel
Gondok Beracun
Kista Rahim
Infeksi Mulut Rahim
Ginjal Bocor okey!!..

Savilla Mahadewi at: Juni 08, 2015 8:59 AM mengatakan...

Iya weh emang, suka mikir kok netizen di Korea gitu amat sama Idolnya. Kok soompi, dll suka nyebut-nyebut komentar dari netizen. Coba aja di Indonesia, terkaang aku suka sebel sama orang yang bodo amat, tapi ada bagusnya kalo ada komen negatif tentang artis Indonesia aku percaya mereka bakalan bodo amat.

bambu runcing at: Mei 24, 2016 12:30 AM mengatakan...

Silahkan kunjungi Cara Cepat Menyembuhkan Bronkitis too Obat Ginjal Bocor Tradisional again Cara Menyembuhkan Ginjal Bengkak Thank you...

Poskan Komentar

FOLLOW US ^^