UUS dan Tweetsnya , siapakah yang UUS tuju? Kpoppers? Atau Hijabers?

2 Mar 2016
Annyeong
sebenernya aku lagi gaada mood buat nulis diblog gara-gara kerjaan di kantor udah cukup menyita waktu dan tenaga. Tapi kemaren pas mau ngecek email dari client, taraaaa! muncullah di headline Yah**! . Yang gambarnya seorang public figure, yang berprofesi sebagai seorang komedian menyinggung Kpoppers. Yah emang gak sekali dua kali sih aku denger beberapa artis kita memang juga seorang kpopers/ teman si artis Korea . Sebut saja Raline shah yang udah jadi temen Seungri Bigbang, Agnez Monica yang duluu sempet berbalas mention sama Siwon Super Junior, dan Raditya Dika yang emang fans artis SMEnt >.< siabang nonton konser EXO juga wks

Yap dia adalh Uus, kalian mungkin udah tau nama itu. Beberapa tahun belakangan namanya cukup terkenal sebagai host dibandingkan seorang komedian. Komedian yang tereliminasi pertamakali di acara stand up ini menjadi host acara yang cukup sukses.

Aku gak akan memperkenalkan Uus banyak di blog ini, silahkan cari sendiri siapa orang tersebut .
 Setelah membaca dan melihat tweetnya, aku akhirnya menulis artikel ini. Kepada bang Uus jika melihat tulisanku ini maukah kau bertemu denganku ? wkwkwk Maksudku maukah kau merubah sikap dan pandanganmu?

Dimulai ketika EXO mengadakan tour EXOLUTION concertnya di Indonesia. Fenomena yang sangat fantastis bagi seorang fans ketika Idolanya datang. Bagi kalian penggemar sepak bola bagaimana jika ajang piala dunia diadakan di Indonesia? dan bagi pecinta anime bagaimana perasaan kalian jika seri anime seperti one piece, haikyuu, one punch man ditayangkan di TV Indonesia? Pecinta MotoGP , bagaimana jika sirkuit Sentul akhirnya resmi menjadi salah satu sirkuit ? Jawabannya cuma satu. Senangnya bukan main!!!

Itulah yang kami rasakan, para kpoppers. Sang Idola datang tentu kami senangnya bukan main. Apalagi belum lama ini ada tragedi teroris di Indonesia yang menyebabkan kekhawatiran akan pembatalan konser. Tapi untungnya hal itu tak terjadi. Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah para teenager .Ditambah Indonesia yang mayoritasnya adalah Muslim. Is it wrong to wear hijab? Aku gamau mempersalahkan kpoppers berhijab dengan hijabnya karena itu adalah urusan sang makhluq dengan-Nya. Dengan menggunakan hijab setidaknya kita sudah selangkah lebih maju akan kesadaran menutup aurat tersebut. 

Akhirnya aku akan membedah tweet Uus itu dengan sedikit metode penelitian skripsiku dulu . (Big tq to Mr. Norman Fairclough ^^) Peneliti bahasa emang agak ribet ya guys sampe dibawa di blog segala hahaha

Masalah timbul ketika Uus menuliskan di akun twitternya:
(1)  @Uus__ "Terkadang suka ngebayangin lebih banyak mana, hijabers yang nonton konser Sulis atau yang nonton konser Suju :)))) banyakan Suju sih." 

Uus memang melontarkan guyonan khas stand up comedy di tweet pertamanya dengan menggunakan kata Sulis dan Suju. Sehingga terdengar berima. Uus membandingkan dua hal yang sama-sama terkenal Suju ( Boyband Korea) dan Sulis (Penyanyi yang terkenal dengan lagu Ummi *itu yang ku inget pas kecil dulu :P) . Tapi genre mereka berbeda jauh. Uus secara tersirat mengatakan kalo orang berhijab (tau agama) lebih memilih nonton boyband daripada liat konser rohani

Mungkin sebagian besar fans Super Junior kesal, dan beberapa membalas tweet Uus. Tapi sepertinya Uus ini malah meladeni fans Super Junior dengan menulis tweetnya lagi

(2) @Uus__ "Mending liat cewek pake baju sexy di tempat dugem sambil mabok2 daripada liat cewek hijab di konser Korea sambil nangis2. Pfft."

Aku mau mengatakan bahwa mulai disini Uus sudah salah langkah. Dia malah menabur garam di sebuah luka yang tak sengaja ia buat (karena hawalnya hanya sebuah bercandaan)
Jikalau saja setelah tweet pertamanya dia sudahi dan bilang maaf hanya bercanda gak akan serumit ini jadinya ...

di tweet keduanya ini memiliki makna bahwa cewek hijab di konser Korea sambil nangis2 lebih kotor/hina dibandingkan dengan liat cewek pake baju sexy di tempat dugem sambil mabok2 . Dia menekankan dengan menggukanakan kata MENDING pada awal kalimatnya.

Kepada bang UUS, maaf kamu udah SARA. Menyinggung sebuah pemeluk agama tertentu. 
Kenapa masalahnya jadi sensitif? tentulah, karena yang bang UUS tekankan dari awal adalah masalah hijab.

  •  Apakah tak masalah cewek yang tak berhijab nonton konser Korea sambil nangis? 
  • Apakah tak boleh seorang bapak berpeci menangis ketika kesebelasan favoritnya mencetak gol? 
  •  Apakah tak boleh seorang masmas bersarung berteriak dan menjerit ketika JKT48 tampil?
  • Apakah tak boleh seorang fans Dani Pedrosa yang berhijab menangis ketika dia terjatuh di sirkuit? (yang ini aku :P )

Dalam tweet keduanya sudah jelas bahwa UUS tersirat menganggap nonton konser Korea adalah perbuatan BURUK . DAN liat cewek pake baju sexy di tempat dugem sambil mabok2 dipandangnya perbuatan yang lebih mulia.


Sontak ini mendapat reaksi keras dari para Kpopers. Yang awalnya hanya Super Junior yang disinggung, ini semua Kpoppers juga meluapkan amarahnya.
Lagi-Lagi UUS meladeni tweet mereka dengan membalas salah satunya:

(3) @Uus__ “Kesannya gua jahat yaudah gapapa, nih gua mah ngingetin doang, artis artis korea lo itu ga semuanya bener. Ada yang narkoba, ada yang seks bebas, ada yang nabrak orang, ada yang gay, terus emang lo gatau? Tau dong. Kok masih ngefans? Kok ga ngasih tau mereka, bang G-Dragon jangan narkoba dong, bang Siwon jangan homo dong, ngga kan?”

(3)“Kesannya gua jahat yaudah gapapa >>> Reaksi ketika seseorang sudah terpojok. UUS baru menyadari se-United itu para Kpoppers.

nih gua mah ngingetin doang, artis artis korea LO itu ga semuanya bener >>> 
Mulai mencari pembelaan jika artis Korea itu ada yang berperilaku tak sepantasnya. Dan mulai membela bahwa dirinya itu seorang penasihat dan harusnya Kpoppers meras terimakasih
artis artis korea LO >>> Penekanan LO disini adalah ketika dirinya sudah keki dan terkesan kasar seperti seseorang yang sedang dalam keadaan kesal.

Ada yang narkoba, ada yang seks bebas, ada yang nabrak orang, ada yang gay, terus emang lo gatau?  >>> UUS lagi lagi menohok para kpoppers. Korea juga punya hukum. Masa ya udah kena Narkoba gak ditangkap? Kalo hukum disana bilang gak bersalah berarti UUS secara gak langsung udah menuduh. Udah orang awam hukum menuduh lagi.

Tau dong. Kok masih ngefans? >>> Ariel NOAH juga masih banyak fansnya tuh, Andika Kangen Band juga. Apakah gak boleh ngefans dengan karya mereka? Kreatifitas mereka? Disini UUS mengeneralisasikan bahwa ngefans itu bermakna mengikuti tindakan baik dan buruk sang idola.

Kok ga ngasih tau mereka, bang G-Dragon jangan narkoba dong, bang Siwon jangan homo dong, ngga kan?” >>> Mungkin GD pernah tersangkut kasus narkoba, tapi dia tak sampai ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Dan Siwon homo??? OMGGG baru denger kabar ini wkwkwk



setelah melihat fakta tentang UUS diatas yg aku kutip dari w*k*pedia , pernah gak  ya UUS ngomong ke bang ipul, bang IPUL jangan Homo dong ? wkwkwk


(4) @Uus__"Jelas jelas gua mah ngasih tau, kalo lo pake hijab ya liat dulu idola lo, ingetin mereka biar ga idup seenaknya lagi, bisa ga?" "Siwon homo ato kaga juga gua mah gatau, kalo GD narkoba sama Seung Ri bikin video bok*p gua tau,"
(4) kalo lo pake hijab ya liat dulu idola lo>>> UUS ini pengikut Ayah ke Kantor, Ibu memasak di rumah nih. Maksudku adalah dia mengeneralisasikan bahwa seorang wanita berhijab pastilah idolanya sejenis maher zain, atau sulis. Inilah pandangan orang gak kreatif / kolot!!!. Sekali lagi Hijab adalah urusan manusia dengan-Nya. Kalo mau negur dengan cara yang lebih lembut. Agama yang UUS sering sebut itu setau saya tak pernah menggunakan kekerasan psikis (menyakiti) untuk berdakwah.


(5) @Uus__"Gua dapet juga dari media, personil suju ada yang gay, temen gua juga yang doyan suju bilang begitu tapi malu dia.""Gua banyak ngomong soal Korea bukannya sotoy. Dari jaman seri nya ditayangin di Indosiar macam boys before flower juga gua udah mantengin." 

UUS membawa-bawa nama media segala. Dia ingin menang dalam perdebatan ini, dia merasa dia sudah disokong bukti dari media. Mungkin dia menang saat tweet ini dibaca orang awam
#FYI aku gapernah denger artikel member Super Junior Gay. Sejak SMP sampai aku udah kerja saat ini ( MARET 2016) belum pernah denger berita itu. Malah satu membernya udah menikah dengan lawan jenis tentu saja wkwkwk . Apa ada yang denger?

(6) @Uus__ "Followers gua di twitter juga tau dari dulu gua gimana sama kultur Korea, gua malah pernah tukeran referensi boyband sm film, lo tau ga?"

Tweet UUS ini adalah menguatkan bahwa dia sebenernya gak anti KPOP , Tapi ini tak digubris oleh para KPOPPERS. Kenapa? Tweets sebelumnya itu sudah cukup jelas. Seorang fan grup tertentu masih mungkin akan menjelekkan grup lain. tapi UUS sudah menjelekkan KPOPPERS Indonesia yang berhijab pada khususnya.

(7) @Uus__Sekarang gua minta maaf soal opini gua yang mungkin kurang diperhalus. Nih gua minta maaf ke semua pihak kpop yang keusik :), 
(8) @Uus__“Masalah hijab dan segala macemnya, gua cuma pengen cewek hijab kaga diremehin, karena cewek hijab paling rentan jadi obyek,”
(9) @Uus__“Cewek biasa ngerokok gapapa, cewek hijab ngerokok kok ya pikiran orang “pake hijab kok ngerokok”, dari situ aja kita tau hijab punya power,” 

(7) (8) UUS capek dan menyerah setelah hashtag #RIPUUS jadi trending LOL.
(9) Disini UUS secara tersirat membandingkan
cewek biasa ngerokok : gapapa                cewek berhijab ngerokok : jadi omongan
cewek biasa nonton kpop: gapapa            cewek berhijab nonton kpop: jadi omongan
Di akhirnya UUS masih saja mempersalahkan cewe berhijab yang punya power yang nanti bakal jadi bahan standup nya dia karena nonton konser korea .
intinya dia mau bilang kalo mau nonton konser korea gausah berhijab deh kalo cuma mau jejeritan
 
(10) @Uus__“Kita tau mungkin ada yang kurang dalam tingkah laku mereka, tapi percayalah mungkin ia berhijab bukan karena hatinya tapi karna lingkungan,”  
 (11) @Uus__“Sekali lagi maap yak, kalo kesinggungnya malah di kpop nya :))” 

 (10)  UUS sudah mulai mengambil keputusan sepihak, kali ini menyindir semua para cewe berhijab yang bikin omongan(pikiran) orang
Aku gamau mempersalahkan kpoppers berhijab dengan hijabnya karena itu adalah urusan sang makhluq dengan-Nya. Ketaatan seseorang yang tau hanyalah DIA seorang.

 (11)  Diakhir tweets ini kejawab sudah , bahwa yang sebenarnya mau UUS singgung adalah kebiasaan buruk para Hijabers yang tak menunjukkan cara berperilaku seorang pemakai hijab.


Setelah melihat tweets diatas, kalo boleh aku simpulkan : UUS mudah tersulut emosinya saat fanwar dengan kpoppers. Jika boleh dibilang , UUS sudah dewasa secara umur jika dibandingkan dengan para ABG yang pada awalnya dia tuju sebagai para hijabers yang menangis dan teriak2. Tapi cara menjawab dan membalas tweetnya bisa disimpulkan UUS juga masih ABG. Tulisan dan tweet UUS sudah menjelaskan semuanya :)

Saran : Masalah SARA sebaiknya jangan dibuat materi untuk stand up comedy.


It takes 2 hours to write this article hahaha, ijinkan aku muncul lagi di minggu ini untuk menulis artikel-artikel lain. See-ya!





2 comment:

PT. ARKA JAYA Diesel at: Maret 18, 2016 12:08 AM mengatakan...

#RIPUUS

Ega Kristian at: Maret 21, 2016 10:52 AM mengatakan...

Wahh.. gamblang sekali analisa & penjelasannya :))
ternyata ini yg minggu2 lalu jadi tren.. hahaha
"Jempolmu..Harimaumu"

Poskan Komentar

FOLLOW US ^^